
Moyudan, (18/1/2025). Untuk meningkatkan kualitas manajemen data kepegawaian di lingkungan sekolah Muhammadiyah dari jenjang SD/MI, SMP dan SMA/SMK yang ada di Kabupaten Sleman, Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Prodi Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pelatihan Penggunaan aplikasi Sistem Informasi dan Manajemen Pegawai Muhammadiyah (SIMPEGMu) bagi Operator Sekolah. SD Muhammadiyah Ngijon I sebagai salah satu Badan Amal Usaha Muhammadiyah yang berada di bawah Majelis Dikdasmen-PNF PDM Sleman mengikuti kegiatan tersebut pada Hari Sabtu, 18 Januari 2025 bertempat di Ruang Amphitheater E8 Lantai 5 Gedung Djarnawi Hadikusuma Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Dalam sambutannya Bapak Drs. Ardani, M.A yang pada kesempatan ini mewakili Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman sekaligus membuka kegiatan pelatihan tersebut, ” Kegiatan ini sejalan dengan Program besar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman untuk Digitalisasi Data Pegawai dan Aset pada sekolah/madrasah Muhammadiyah di Daerah Sleman” tuturnya. Dengan jumlah sekolah sebanyak 127 baik dari jenjang SD/MI, SMP, dan SMA/SMK tentu diperlukan data pegawai yang akurat dan akuntabel melalui aplikasi digital yang mumpuni sehingga data pegawai dapat diakses sewaktu-waktu untuk melaksanakan kebijakan Persyarikatan.
Mewakili Ketua PDM Sleman A.S. Ardani, M.A juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah membuat aplikasi digital tersebut. Di akhir sambutannya beliau menyampaikan bahwasannya untuk menjamin pengelolaan data kepegawaian yang berkualitas ada 3 pintu bagi pegawai sekolah/madrasah Muhammadiyah Daerah Sleman yakni melalui proses Pengangkatan, Pengembangan, dan Pensiun.
Hadir juga pada kegiatan ini Kepala LPM UMY Dr. Ir. Gatot Supangat, MP yang memaparkan bahwa ” sejauh ini LPM UMY telah menjalin kerjasama yang cukup baik dengan PDM Sleman dengan tiga program untuk pengelolaan sistem kepegawaian yaitu: Sistem Informasi Penerimaan Pegawai Muhammadiyah (SIPPMu) dan Sistem Ujian Kompetensi Berbasis Web (UKBW) untuk mendukung proses rekruitmen pegawai dan SIMPEGMu yang saat ini sedang dilatihkan penggunaannya kepada operator sekolah oleh Tim yang dipimpin oleh Ir. Slamet Riyadi, S.T., M.Sc., Ph.D. dengan anggota Ir. Asroni, S.T., M.Eng. serta Cahya Damarjati, S.T. M. Eng., Ph.D. dan beberapa mahasiswa Prodi TI UMY.
Dr. Ir. Gatot Supangat, MP. menyampaikan bahwa UMY siap untuk memfasilitasi pengembangan Muhammadiyah dengan program kerjasamanya. Beberapa sistem ini sangat diperlukan dalam rangka konsentrasi penataan kepegawaian untuk membantu dalam hal admistrasi dan membantu untuk memenuhi standar minimal kualitas sekolah Muhammadiyah berkemajuan”. Selain itu, beliau berpesan kepada seluruh peserta pelatihan bahwa sebagai warga Muhammadiyah harus memiliki prinsip “Gotong Royong Memberi” bukan “Gotong Royong Meminta” dalam hal kemanusiaan. Di akhir sambutan beliau juga menyampaikan permohanon maaf jika saat ini UMY belum dapat secara maksimal membantu sekolah-sekolah Muhammadiyah khususnya di Kabuaten Sleman. Beliau berharap semoga program kerjasama ini terus dapat diselenggarakan dengan baik agar UMY terus memiliki kesempatan untuk membantu mengabdi kepada umat melalui Bidang Pendidikan yang berkualitas.
Dengan mengikuti sosialisasi dan pelatihan SIMPEGMu ini harapannya kedepan pengelolaan data-data kepegawaian Guru dan Tenaga Kependidikan di SD Muhammadiyah Ngijon I akan semakin baik, tertata dan lebih akuntabel. (FR).